Pertama Kali Konten Perekam Suara Publis, Ini Isi Black Box Lion Air JT 610 yang Pernah Bocor

- 14 Januari 2021, 15:42 WIB
Ini Isi Black Box Lion Air JT 610 yang Pernah Bocor /pikiran rakyat tasikmalaya/

Media Magelang – Isi percakapan terakhir cockpit voice recorder (CVR) dari black box Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Oktober 2018 lalu pernah bocor.

Rekaman tersebut mengungkapkan percakapan antara pilot dan kopilot Lion Air JT 610 yang terekam dalam cockpit voice recorder (CVR) pesawat tersebut yang dikutip dalam sebuah laporan dari Reuters pada Maret 2019.

Menurut tiga orang sumber Reuters, pilot Lion Air JT 610 sempat membaca buku panduan untuk memahami mengapa pesawat tersebut menukik ke bawah pada menit-menit terakhir sebagaimana terekam dalam black box pesawat berjenis Boeing 737 tersebut.

Baca Juga: Soal Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Amerika Serikat Tawarkan Bantuan Bagi Indonesia

Sayangnya, tak banyak yang dapat mereka lakukan dan pesawat menabrak permukaan laut yang menewaskan 189 orang penumpang.

Ini menjadi pertama kalinya konten perekam suara dari penerbangan Lion Air tersebut dipublikasikan, sebagaimana dikuti Media Magelang dari Pikiran Rakyat dalam artikel berjudul “Isi Rekaman Black Box Lion Air JT 610 Pernah Bocor, Begini Isi Percakapan Pilot”.

Ketiga sumber yang diwawancarai Reuters tersebut adalah anonim, dan Reuters menyebutkan tak memiliki akses ke rekaman atau transkrip black box itu.

Baca Juga: Para Ulama Beri Dukungan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Investigasi pun dilakukan untuk memeriksa kecekalaan Lion Air JT 610 di Indonesia. Investigasi tersebut dilakukan untuk mempertimbangkan bagaimana komputer memerintahkan pesawat untuk menukik sebagai respons terhadap data dari sendor yang salah.

Halaman:

Editor: Dinda Silviana Dewi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X