KCIC akan Meningkatkan Laju Pada Pengujian Kereta Cepat Secara Bertahap dan Detail Sebelum Beroperasi

- 25 Mei 2023, 07:00 WIB
KCIC akan Meningkatkan Laju Pada Pengujian Kereta Cepat Secara Bertahap dan Detail Sebelum Beroperasi /
KCIC akan Meningkatkan Laju Pada Pengujian Kereta Cepat Secara Bertahap dan Detail Sebelum Beroperasi / /Instagram/@keretacepat_id/
 
Media Magelang - Pada tanggal 24 Mei 2023, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui Konsorsium Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan rencana untuk meningkatkan laju pada pengujian kereta cepat secara bertahap. 
 
KCIC menyatakan bahwa peningkatan laju pada pengujian kereta cepat merupakan bagian dari upaya mereka untuk memastikan kehandalan dan keselamatan sistem kereta cepat sebelum diluncurkan secara komersial. 
 
KCIC telah bekerja sama dengan pihak terkait dan ahli teknis untuk melakukan serangkaian pengujian yang cermat guna mengidentifikasi potensi masalah dan memperbaikinya.
 
 
Menurut KCIC, peningkatan laju pada pengujian kereta cepat akan dilakukan secara bertahap. 
 
Langkah awal melibatkan peningkatan kecepatan kereta pada tahap pengujian tertentu. 
 
Selama pengujian, berbagai parameter teknis dan keamanan akan dipantau secara ketat untuk memastikan kinerja kereta cepat yang optimal.
 
Dalam wawancara dengan Antara News, juru bicara KCIC mengungkapkan bahwa peningkatan laju pengujian merupakan langkah penting dalam mempersiapkan sistem kereta cepat untuk dioperasikan secara komersial. 
 
 
KCIC berharap dapat memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan sebelum memasuki tahap komersialisasi.
 
Kereta cepat di Indonesia dianggap sebagai salah satu proyek infrastruktur yang strategis. 
 
KCIC telah bekerja sama dengan perusahaan China dalam membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. 
 
Jalur ini diharapkan dapat mengurangi waktu perjalanan antara kedua kota menjadi hanya sekitar 40 menit, dibandingkan dengan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam menggunakan transportasi darat konvensional.
 
Diharapkan bahwa dengan peningkatan laju pada pengujian kereta cepat secara bertahap, KCIC dapat mencapai hasil yang diinginkan dan mempercepat tahap komersialisasi. 
 
Kemajuan proyek kereta cepat ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan konektivitas antara Jakarta dan Bandung, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.
 
Namun demikian, KCIC tetap menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama dalam pengembangan dan pengujian kereta cepat. 
 
Mereka akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk otoritas transportasi dan badan pengawas, untuk memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan yang ketat sepanjang proses pengujian dan operasional kereta cepat.
 
Dengan upaya KCIC dalam meningkatkan laju pada pengujian kereta cepat secara bertahap, diharapkan Indonesia dapat segera merasakan manfaat dari adanya infrastruktur transportasi yang modern dan efisien, serta meningkatkan daya saing di tingkat regional.***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah