Aroma The Blues di Lazio vs AS Roma, Berikut Pencapaian Jose Mourinho dan Maurizio Sarri di Chelsea

- 26 September 2021, 19:48 WIB
Mauruzio Sarri dan Jose Mourinho
Mauruzio Sarri dan Jose Mourinho /Foto-Foto Reuters/

Media Magelang - Laga Lazio vs AS Roma adalah pertemuan dua pelatih papan atas yang sama-sama pernah melatih Chelsea: Maurizio Sarri dan Jose Mourinho.

Berikut pencapaian Maurizio Sarri, pelatih Lazio saat ini, dan pelatih AS Roma Jose Mourinho saat keduanya melatih Chelsea.
 
Pencapaian Maurizio Sarri dan Jose Mourinho bersama Chelsea menarik untuk disimak kembali sebagaimana Media Magelang rangkum dari berbagai sumber:
 
 
Jose Mourinho: Pelatih tersukses di era Roman Abramovich
 
Sejak Roman Abramovich membeli Chelsea pada 2003, pengusaha super kaya ini tak segan-segan menggelontorkan dana untuk membeli pemain-pemain bintang.
 
Nama Jose Mourinho mulai dikenal dunia saat membawa FC Porto menjuarai Liga Champions Eropa musim 2003/2004 setelah 17 tahun.
 
Pria Portugal yang kerap berbicara ceplas ceplos kemudian direkrut Chelsea dan akhirnya kita mengenal nama-nama yang sudah tak asing lagi bagi pecinta sepak bola.
 
 
Sebut saja Frank Lampard, John Terry, Didier Drogba, Michael Essien, Petr Cech, Joe Cole, Ricardo Carvalho dan banyak lagi.
 
Jose Mourinho memutus dominasi Manchester United di Liga Primer dengan membawa Chelsea meraih gelar kompetisi tertinggi tersebut dua kali beruntun (2004/2005 dan 2005/2006).
 
Selain itu, The Blues dibawah Jose Mourinho periode 2004-2007 juga meraih Piala FA (2006/2007), Piala Liga (2004/2005 dan 2006/2007) serta Community Shield (2005).
 
Namun Jose Mourinho akhirnya hengkang pada September 2007 karena ada masalah dengan sang pemilik.
 
Setelah berganti-ganti pelatih dari Guus Hiddink hingga Carlo Ancelotti hingga Luiz Felipe Scolari (pelatih yang membawa Brazil juara dunia 2002), Jose Mourinho kembali lagi pada 2013.
 
Chelsea di bawah Jose Mourinho periode kedua berhasil meraih trofi Liga Primer dan Piala Liga di musim yang sama (2014/2015).
 
Namun setelah itu Jose Mourinho didepak karena The Blues sempat terjerembab di papan bawah klasemen di musim berikutnya.
 
Maurizio Sarri: Singkat namun mampu raih trofi
 
Maurizio Sarri menggantikan Antonio Conte yang sempat membawa The Blues meraih gelar Liga Primer 2016/2017.
 
Maurizio Sarri tiba di Stamford Bridge pada 2018 dari Napoli dan pencapaiannya bersama Eden Hazard dan kolega saat itu terbilang tidak buruk.
 
Walau singkat, namun catatan kemenangan Maurizio Sarri hanya kalah dari Jose Mourinho.
 
Maurizio Sarri melatih Chelsea musim 2018/2019 dan mencatat 39 kemenangan (semua kompetisi), sementara Jose Mourinho mencatat 42 kemenangan di semua kompetisi di musim pertama bersama klub kaya tersebut (2004/2005).
 
Bersama Maurizio Sarri, Chelsea meraih trofi Liga Europa 2018/2019 dengan mengalahkan sesama tim London Arsenal.
 
Trofi ini begitu spesial karena menjadi trofi pertamanya selama 29 tahun berkarier sebagai pelatih.
 
The Blues juga berada di posisi tiga klasemen akhir Liga Primer sehingga berhak berlaga di Liga Champions musim berikutnya.
 
Setelah itu, pria perokok berat tersebut pindah ke Juventus lalu pindah lagi ke Lazio.
 
 
Nah, bagaimana nanti di laga Lazio vs AS Roma? Siapa yang taktiknya lebih oke?
 
Demikian rentetan pencapaian Jose Mourinho dan Maurizio Sarri saat keduanya pernah melatih Chelsea.***

Editor: Dinda Silviana Dewi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x