Gol Kontroversial Jepang Depak Jerman, Isu Spanyol Sengaja Mengalah Mengemuka

- 4 Desember 2022, 00:06 WIB
Tim Nasioanl Jepang
Tim Nasioanl Jepang /Instagram.com/ @gunaw_an780

Media Magelang - Timnas Jepang secara mengejutkan lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Spanyol 2-1 di laga terakhir fase grup E Piala Dunia 2022 Qatar pada 1 Desember 2022.

Tim asuhan Hajime Moriyasu berhasil menjadi juara grup E setelah meraih enam poin dari dua kemenangan. Hebatnya dua kemenangan diperoleh setelah menaklukan dua juara dunia: Jerman dan Spanyol (Jepang sekali kalah atas Kosta Rika).

Namun lolosnya Jepang dan Spanyol (dan tersingkirnya Jerman sekalipun menang 4-2 atas Kosta Rika) juga menyisakan kontroversi yang ramai dibahas.

Pertama, soal gol kemenangan Jepang yang memicu perdebatan. Berawal dari umpan silang Ritsu Doan di sisi kiri lapangan sebelum disambut Kaoru Mitoma dan dioper ke Ao Tanaka yang menuntaskannya menjadi gol.

Baca Juga: LIVE STREAMING Bgibola, NobarTV Argentina vs Australia Piala Dunia 2022 Malam Ini 4 Des, Buka SCTV Vidio Legal

Masalahnya, umpan Doan tersebut terlihat seperti sudah lewat garis sebelum disambut Mitoma.

Hal itu yang membuat wasit harus mengecek tayangan ulang gol tersebut. Namun, akhirnya gol tersebut disahkan. Jepang bersorak dan Jerman pun menangis.

Akun Twitter ESPN mencuit dengan menyertakan gambar gol tersebut, dengan tulisan jika gol tersebut dianulir maka Jerman lah yang melaju ke 16 besar.

Perdebatan soal sah tidaknya gol tersebut ramai di media sosial. Banyak yang menyebutkan bahwa sudut pandang pengambilan gambar bisa jadi berbeda dan wasit sudah berusaha mengambil keputusan yang tepat.

Halaman:

Editor: Destri Ananda Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x