Contoh Kalimat dan Format Mengirim Email Lamaran Pekerjaan yang Efektif, Mudah Serta Praktis

- 26 Mei 2023, 09:30 WIB
Contoh Kalimat dan Format Mengirim Email Lamaran Pekerjaan yang Efektif, Mudah Serta Praktis /
Contoh Kalimat dan Format Mengirim Email Lamaran Pekerjaan yang Efektif, Mudah Serta Praktis / /Pexels.com/Torsten Dettlaff

Media Magelang - Mengirim email lamaran pekerjaan adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan. 

Email lamaran yang baik dan efektif dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian dari perekrut dan memperoleh panggilan wawancara. 
 
Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh kalimat dan format untuk mengirim email lamaran pekerjaan yang dapat membantu Anda menulis email yang profesional dan menarik.
 
 
1. Subjek Email:
 
Subjek email yang jelas dan terkait dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar akan membantu memperoleh perhatian penerima email. 
 
Berikut adalah contoh subjek email yang baik:
 
- Lamaran Pekerjaan: [Judul Pekerjaan yang Dilamar] - [Nama Anda]
- Permohonan Pekerjaan: [Judul Pekerjaan yang Dilamar] - [Nama Anda]
- Lamaran Pekerjaan sebagai [Posisi Pekerjaan] - [Nama Anda]
 
 
2. Salam Pembuka:
 
Mulailah email dengan salam pembuka yang sopan. Jika Anda mengetahui nama penerima email, gunakan nama tersebut. Jika tidak, gunakan salam umum seperti "Halo" atau "Selamat pagi/siang".
 
Contoh salam pembuka:
- Halo [Nama Penerima],
- Selamat pagi,
 
3. Pengenalan Diri:
Selanjutnya, perkenalkan diri Anda secara singkat dan jelaskan tujuan Anda mengirim email. Berikan informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan minat Anda terhadap perusahaan atau posisi yang dilamar.
 
Contoh pengenalan diri:
- Saya ingin memperkenalkan diri, nama saya adalah [Nama Anda]. Saya baru-baru ini mengetahui tentang posisi [Judul Pekerjaan] yang tersedia di perusahaan [Nama Perusahaan] dan ingin mengirimkan lamaran pekerjaan saya.
 
4. Motivasi dan Keahlian:
Jelaskan motivasi Anda untuk melamar pekerjaan tersebut, serta keahlian dan pengalaman yang relevan yang membuat Anda menjadi calon yang cocok untuk posisi tersebut. Jelaskan dengan singkat mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan bagaimana Anda dapat berkontribusi.
 
Contoh motivasi dan keahlian:
- Saya tertarik pada perusahaan [Nama Perusahaan] karena reputasinya yang kuat dalam industri ini dan komitmennya terhadap inovasi. Saya memiliki pengalaman dalam [bidang terkait] selama [jumlah tahun] dan telah mengembangkan keterampilan dalam [keahlian yang relevan]. Saya yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan saya akan membantu saya berkontribusi secara positif dalam tim Anda.
 
5. Permohonan:
Jelaskan secara tegas bahwa Anda tertarik untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan sampaikan permintaan untuk pertemuan atau wawancara. Berikan rincian tentang ketersediaan Anda dan sertakan informasi kontak yang relevan.
 
Contoh permohonan:
- Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi dalam peran ini. Saya tersedia untuk wawancara atau pertemuan lainnya sesuai dengan kenyamanan Anda. Saya dapat dihubungi melalui email ini atau melalui nomor telepon saya di [Nomor Telepon].
 
6. Penutup:
Tutup email dengan ucapan terima kasih dan salam penutup yang sopan.
 
Contoh penutup:
- Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca lamaran saya. Saya sangat menghargainya dan berharap dapat mendengar tanggapan positif dari Anda segera.
 
7. Tanda Tangan:
Tambahkan tanda tangan yang mencakup nama lengkap Anda, alamat email, nomor telepon, dan tautan ke profil profesional Anda jika relevan.
 
Contoh tanda tangan:
- Hormat saya,
[Nama Lengkap]
[Alamat Email]
[Nomor Telepon]
[Tautan Profil LinkedIn]
 
Mengirim email lamaran pekerjaan yang baik membutuhkan perhatian terhadap detail dan penggunaan kalimat yang tepat. 
 
Dengan menggunakan contoh kalimat dan format yang disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian perekrut dan memperoleh panggilan wawancara. 
 
Tetaplah profesional, terfokus, dan jelaskan mengapa Anda adalah calon yang ideal untuk posisi yang dilamar. Semoga berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda!***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x