Gamer Harus Tahu! Ini 5 Tips Tingkatkan Kecepatan WiFi Agar Main Game Tetap Lancar

- 22 Maret 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi wifi. /
Ilustrasi wifi. / /101internet/
 
 
Media Magelang - Kecepatan WiFi menjadi salah satu faktor penting yang tak dapat diremehkan pada era digital sekarang ini.
 
Dengan WiFi yang memiliki kecepatan tinggi, segala pekerjaan yang menggunakan gadget bisa berjalan lancar, tak terkecuali bermain game.
 
Bermain game dengan kecepatan WiFi yang tinggi tanpa hambatan pastinya menjadi harapan semua gamer.
 
Untuk itu, dilansir dari Antara, berikut ini 5 tips mudah meningkatkan kecepatan WiFi yang perlu diketahui oleh para gamer, agar bermain game tetap lancar.
 
 
1. Menggunakan Router Baru dan Canggih
 
Untuk meningkatkan kecepatan WiFi, diperlukan router WiFi terbaru dan canggih, karena router yang lebih baru diketahui memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal WiFi dengan lebih cepat dan stabil. 
 
Router yang lebih baru juga didukung oleh fitur-fitur canggih seperti MU-MIMO dan beamforming, yang dapat meningkatkan kecepatan dan jangkauan sinyal WiFi.
 
2. Menempatkan Router di Tempat yang Tepat dan Strategis
 
Lokasi router WiFi pun sangat menentukan kecepatan WiFi, dan oleh sebab itu, para gamer harus memastikan untuk menempatkan router WiFi mereka di tempat yang strategis dan tepat. 
 
Penting juga untuk mengetahui menghindari meletakkan router di sudut ruangan atau di balik furnitur yang besar, karena penempatan semacam ini dapat membatasi jangkauan sinyal dan kecepatan WiFi.
 
Sangat disarankan untuk menempatkan router di tengah ruangan atau di atas meja, agar sinyal WiFi dapat menyebar secara merata ke seluruh area rumah.
 
3. Memperbarui Firmware Router
 
Firmware adalah sistem operasi yang berjalan pada router WiFi, dan firmware ini perlu diperbarui secara teratur.
 
Pembaruan firmware biasanya dimaksudkan untuk memperbaiki bug, dan masalah keamanan, serta meningkatkan kecepatan dan performa router WiFi.
 
Para gamer dapat memperbarui firmware router WiFi melalui aplikasi atau situs web router.
 
4. Menggunakan Frekuensi 5 GHz
 
Kecepatan WiFi dapat juga dipengaruhi oleh frekuensi yang digunakan. 
 
Apabila frekuensi yang digunakan berukuran 2,4 GHz, maka jalannya sinyal WiFi biasanya lebih lambat, dan lebih rentan terhadap gangguan dari perangkat elektronik lain.
 
Sedangkan frekuensi 5 GHz adalah frekuensi yang mampu menjalankan sinyal WiFi lebih cepat dan stabil. 
 
5. Menambahkan Extender WiFi
 
Untuk rumah atau kantor yang besar, mungkin ada beberapa area di mana sinyal WiFi tidak mencapai. 
 
Berdasarkan situasi ini, pengguna atau para gamer dapat menggunakan extender WiFi untuk meningkatkan jangkauan sinyal dan kecepatan WiFi. 
 
Extender WiFi adalah perangkat kecil yang berfungsi sebagai penguat, untuk menambahkan jangkauan sinyal dan memperluas area cakupan WiFi.
 
Penting juga untuk diingat, memilih provider WiFi yang sudah dikenal luas juga dapat memperlancar kecepatan sinyal WiFi.
 
Dengan begitu, ada 5 tips yang perlu diketahui oleh para gamer tentang bagaimana cara meningkatkan kecepatan WiFi, agar bermain game tetap lancar.***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x