Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo: Penerima Vaksin Sudah Lalui Skrining Ketat

- 14 Januari 2021, 08:14 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo menggelar konferensi pers daring, Rabu (13 Januari 2021)kemarin. /Humas Jateng/

Media Magelang - Proses vaksinasi pertama di Jawa Tengah akan dimulai hari ini dengan sejumlah tokoh telah dipilih untuk dapat vaksin Covid-19 tahap pertama menggunakan jenis Sinovac buatan Tiongkok.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo menyebut tahapan menjadi penerima vaksin di Jawa Tengah telah proses panjang. Sebelum divaksin, calon penerima akan melalui proses skrining terlebih dahulu.

Proses penyaringan, dilakukan sejak nama calon penerima vaksin masuk dalam daftar kandidat. Hal itu dilakukan dengan Self Screening.

Baca Juga: Ini Nama-nama Tokoh di Jateng yang Awali Suntik Vaksin Covid-19 Bersama Ganjar Pranowo

Yulianto Prabowo, menyebut di tempat vaksinasi akan ada empat meja yang digunakan untuk pendaftaran hingga cek kesehatan apakah memungkinkan dilakukan vaksinasi.

"Nanti di pelayanan akan disediakan empat meja. Meja pertama itu pendaftaran. Meja kedua akan diperiksa apakah yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak," kata Yulianto Prabowo, pada Rabu 13 Januari 2021.

"Kemudian, di meja ketiga, yang bersangkutan akan disuntik. Namun setelahnya, yang bersangkutan tidak boleh pulang dulu, diharuskan duduk minimal 30 menit, untuk dipantau reaksinya," ujarnya.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Pertama Jateng Akan Digelar di 3 Daerah Ini, Ganjar Pranowo Ungkap Alasannya

Dia mengatakan, reaksi yang akan muncul biasanya bersifat sementara. Seperti nyeri di bekas suntikan atau gatal. Nah setelah menerima suntik vaksin, yang bersangkutan akan diberikan penyuluhan berikut buku tanda vaksinasi.

Halaman:

Editor: Permadi Suntama

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X