BMKG Sebut Pesisir Selatan Banten Berpotensi Tsunami Setinggi 30 Meter

- 10 November 2022, 13:49 WIB
BMKG imbau warga pesisir waspada gelombang tinggi 2,5 - 4,0 Meter. Foto: Illustrasi/doknet
BMKG imbau warga pesisir waspada gelombang tinggi 2,5 - 4,0 Meter. Foto: Illustrasi/doknet /PMJNews/

Media Magelang - Pesisir selatan Banten berpotensi terjadi bencana alam tsunami setinggi 30 meter.

Potensi terjadinya tsunami di pesisir selatan Banten hingga mencapai ketinggian 30 meter disebutkan oleh tim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Tim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan area pesisir selatan Banten berpotensi terjadi tsunami setinggi 30 meter, yang mengharuskan masyarakat untuk selalu waspada.

“Kami minta warga pesisir selatan Banten tetap waspada, namun tidak panik berlebihan,” kata Tarjono, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis 10 November 2022.

Baca Juga: 20 Merek Set Top Box Lengkap Harga dan Tips Pilih STB untuk Nonton Siaran Digital Tanpa Gangguan

Dikatakan lebih lanjut oleh Tarjono, potensi terjadinya tsunami di pesisir selatan Banten setinggi 30 meter sebenarnya sudah dikaji sejak lama berdasarkan hasil kajian keilmuan yang diungkapkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), BMKG, serta institusi lainnya.

Potensi terjadinya tsunami setinggi 30 meter itu dikarenakan pertemuan lempengan Indo Australia dan Eurasia di laut selatan Jawa.

Pertemuan kedua lempengan itulah yang mengakibatkan seringnya terjadi gempa tektonik di bawah magnitudo 5, di pesisir selatan Banten.

“Kami minta warga, jika terjadi gempa dahsyat maka segera mengevakuasi mandiri ke tempat-tempat yang tinggi, yang aman dan tidak menunggu sirine,” tukas Tarjono dikutip dairi Antara News.

Halaman:

Editor: Destri Ananda Prihatini

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah