Warga Jateng Tertular Cacar Monyet, Berikut Ini Gejala dan Cara Pencegahannya

- 4 Agustus 2022, 21:37 WIB
Gejala dan cara pencegahan cacar monyet
Gejala dan cara pencegahan cacar monyet /

Media Magelang - Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat zoonosis.

Zoonosis merupakan penyakit menular dari hewan ke manusia. Penyakit ini merupakan penyakit endemik di Afrika Barat dan Tengah.

Beberapa waktu lalu Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan saat ini wabah tersebut telah melanda negara-negara di Benua Amerika dan Eropa.

Namun, hingga saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet yang dilaporkan dari Indonesia.

Warga jawa tengah (Jateng) dikabarkan ada yang tertular cacar monyet. Menurut Dinas Kesehatan bahwa warga tersebut statusnya masih sebatas suspek atau bergejala.

Baca Juga: Update Cacar Monyet: Bermutasi Sangat Cepat, Gejala Aneh, dan Menular Lewat Udara

Diketahui, pasien suspek cacar monyet itu diidentifikasi sebagai laki-laki berusia 55 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Saat ini, Kemenkes terus melakukan pengecekan berkala ke Dinas Kesehatan Jawa Tengah untuk memastikan hasil investigasi.

"Sampai sekarang sedang kami cek ke Dinas Kesehatan Jawa Tengah oleh petugas Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes," kata Dirut RSPI Sulianti Saroso Jakarta menambahkan.

Halaman:

Editor: Destri Ananda Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x