Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Ini Daftar Negara Peserta Piala Dunia U-17 2023

- 25 Juni 2023, 19:35 WIB
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Ini Daftar Negara Pesertanya /
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Ini Daftar Negara Pesertanya / /Tangkapan layar pssi.org/
 
Media Magelang - Indonesia resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023.
 
Indonesia resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023, karena ditunjuk langsung oleh Badan Sepakbola Dunia, yaitu FIFA.
 
Penunjukan resmi Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 ini dibarengi dengan informasi daftar negara peserta lain yang juga lolos.
 
Dilansir dari berbagai sumber, penunjukan Indonesia secara resmi sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 oleh FIFA dilakukan usai Peru mengundurkan diri.
 
 
Pengunduran diri Peru itu sendiri disebabkan negara Amerika Selatan tersebut gagal mempersiapkan infrastruktur dengan baik dan matang.
 
Sementara itu, untuk jadwal pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah sekitar 10 November hingga 2 Desember.
 
Satu hal yang perlu diketahui, penunjukan Indonesia secara resmi sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 ini tidak sembarangan, melainkan melalui keputusan bersama dalam Rapat Dewan FIFA.
 
Selain mengumumkan bahwa Indonesia resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 pada 2023 ini, FIFA juga membagikan sejumlah informasi mengenai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia yang lainnya.
 
Pengumuman tuan rumah penyelenggara Piala Dunia yang lain oleh FIFA di antaranya adalah, Kolombia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Perempuan tahun 2024, Republika Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 Perempuan tahun 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024.
 
Di sisi lain, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengucapkan syukur atas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 pada 2023 ini.
 
"Syukur Alhamdulilah, Indonesia dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 pada tahun 2023. Semoga persiapannya berjalan lancar dan berbuah sukses sehingga Indonesia kembali membanggakan, harum namanya di dunia internasional,” ucap Erick Thohir.
 

Mengenai Piala Dunia U-17 2023, secara otomatis Indonesia hanya memiliki waktu 5 bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait kompetisi sepakbola tingkat dunia itu, yang kabarnya diikuti oleh 24 negara.

Di balik rasa syukurnya, Erick Thohir juga menyampaikan keterkejutannya ketika FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 secara tiba-tiba.

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir," ujar Erick Thohir.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini daftar negara peserta yang lolos Piala Dunia U-17 2023.

Asia

Indonesia (sebagai tuan rumah). Untuk empat tim lainnya baru akan ditentukan melalui ajang Piala Asia U-17 yang sedang berlangsung.

Afrika

Burkina Faso
Mali
Maroko
Senegal

Amerika Utara dan Tengah

Kanada
Meksiko
Panama
Amerika Serikat

Amerika Selatan

Argentina
Brasil
Ekuador
Venezuela

Oceania

Kaledonia Baru
Selandia Baru

UEFA

Inggris
Prancis
Jerman
Polandia
Spanyol

Dengan ditunjuk langsung oleh FIFA, Indonesia resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023, dan membagikan informasi lain mengenai daftar negara peserta yang lolos mengikuti kompetisi sepakbola tingkat dunia ini.***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x