Final Euro 2020: Tiga Fakta Kemenangan Italia dari Inggris Lewat Adu Penalti

- 12 Juli 2021, 10:35 WIB
Tim Italia foto bersama dalam euforia juara EURO 2020 di stadion Wembley Inggris Senin pagi, 12 Juli 2021
Tim Italia foto bersama dalam euforia juara EURO 2020 di stadion Wembley Inggris Senin pagi, 12 Juli 2021 /twitter/Denpasar Update

Media Magelang - Italia akhirnya berhasil meraih trofi Euro 2020 setelah lewat pertarungan mendebarkan mengalahkan Inggris 3-2 lewat adu penalti pada final di Wembley,London Senin dini hari 12 Juli 2021.

Italia dan Inggris bermain imbang 1-1 di babak normal dan perpanjangan waktu sehingga pemenang final Euro 2020 harus ditentukan lewat adu penalti.

Gigi Donnaruma memblok dua tendangan penalti Inggris begitu juga Jordan Pickford yang memblok dua tendangan pemain Italia. Satu tendangan algojo Inggris meleset.

Kemenangan Italia ini menyimpan tiga fakta menarik sebagaimana Media Magelang rangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Final Euro 2020 Italia vs Inggris: Fakta, Statistik, Head-to-Head dan Perkiraan Susunan Pemain

Italia cetak sejarah dan akhiri kutukan adu penalti

Ada hal menarik dari kemenangan Italia ini karena mereka memenangkan dua laga lewat adu penalti secara beruntun; di semifinal lawan Spanyol dan di final lawan Inggris.

Kejadian-kejadian sebelumnya menunjukkan bahwa tim yang menang lewat adu penalti di satu laga, akan kalah di laga berikutnya.

Contoh nyata di Euro 2020 adalah Swiss dan Spanyol. Swiss menang lewat adu penalti saat di 16 besar lawan Perancis namun kalah hoki saat lawan Spanyol di delapan besar.

Halaman:

Editor: Destri Ananda Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x