Justin Bieber Mengidap Ramsay Hunt Syndrome (RHS), Apa itu? Simak Penjelasannya

- 12 Juni 2022, 06:43 WIB
Justin Bieber Mengidap Ramsay Hunt Syndrome (RHS), Apa itu? Simak Penjelasannya
Justin Bieber Mengidap Ramsay Hunt Syndrome (RHS), Apa itu? Simak Penjelasannya / tangkapan layar instagram @justinbieber/

Media Magelang -  Penyanyi Justin Bieber dalam sebuah unggahan di media sosial pada Jumat 10 Juni 2022 waktu setempat. Mengungkapkan bahwa dia sedang menderita sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan separuh wajahnya menjadi lumpuh.  

Amit Kochhar, MD yang merupakan otolaryngologist (THT) dan direktur Program Gangguan Saraf Wajah di Pacific Neuroscience Institute di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, menjelaskan bahwa sindrom Ramsay Hunt sangat langka.

"Sindrom Ramsay Hunt adalah penyebab paling umum kedua kelumpuhan wajah perifer atraumatik, setelah Bell's Palsy, tetapi sedikit lebih parah. Namun, itu hanya terjadi pada sekitar lima dari 10.000 orang," katanya dikutip dari People pada Sabtu.

Hal ini disebabkan oleh reaktivasi virus herpes zoster di wajah, yang membuat penderita cacar air rentan terhadap virus varicella-zostar sejak kecil," sambungnya.

Baca Juga: UPDATE Kabar Ramsay Hunt Syndrome yang Menyerang Justin Bieber

Amit menjelaskan, Ramsay Hunt disebabkan oleh stres tinggi atau imunosupresi, serta oleh obat imunosupresan atau kondisi lain yang mendasarinya.

"Tubuh Anda tidak bisa melawan infeksi," jelas Amit.

Ramsay Hunt Syndrome (RHS) adalah gangguan neurologis langka, Gejala penyakit ini umumnya ialah kelumpuhan saraf wajah (kelumpuhan wajah) dan ruam yang mempengaruhi telinga dan mulut maupun pendengaran.

Gejala Ramsay Hunt Syndrome bermacam-macam dari pada persoalan setiap pengidapnya. 

Halaman:

Editor: Sonia Okky Astiti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x