Hasil Akhir Indonesia vs Thailand Sea Games 2023, Skuad Garuda Bawa Emas Sea Games Sejak 32 Tahun

- 17 Mei 2023, 06:45 WIB
Timnas Indonesia meraih medali emas sepakbola SEA Games 2023 usai membantai Thailand 5-2 dalam pertandingan yang digelar di Olympic Phnom Phen, Selasa 16 Mei 2023 malam.
Timnas Indonesia meraih medali emas sepakbola SEA Games 2023 usai membantai Thailand 5-2 dalam pertandingan yang digelar di Olympic Phnom Phen, Selasa 16 Mei 2023 malam. /Twitter @PSSI/

Media Magelang - Laga final Sea Games 2023 antara Indonesia vs Thailand di Kamboja, pada Selasa 16 Mei 2023 malam pukul 19.30 WIB.

Perebutan medali emas, antara Indonesia vs Thailand sangat sengit ketika peluit kick off babak pertama ditiup oleh wasit.
 
Thailand dan Indonesia sendiri merupakan finalis di Sea Games 2019 (Indonesia) dan Sea Game 2021 (Thailand), namun keduanya harus takluk dari Vietnam yang dua kali berturut meraih medali emas.
 
Namun di Sea Games 2023, langkah Vietnam dihentikan oleh Indonesia dengan skor 3-2 dan kini Indonesia bertemu Thailand di final.
 
 
Dengan line up berikut ini, kedua tim memulai babak pertama dengan kesebelasan:
 
1. Indonesia:
 
Ernando; Ridho, Komang, Haykal, Bagas; Dewangga, Marselino, Taufany; Fajar, Witan, Sananta
 
2. Thailand: Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom
 
 
Babak pertama dimulai dengan jual beli serangan antara Indonesia vs Thailand, dan serangan Indonesia memghasilkan gol di menit 15 lewat gol sundulan Ramadhan Sananta.
 
Ramadhan Sananta mencetak gol melalui umpan lemparan ke dalam, dan membuat keunggulan 1-0 untuk Indonesia.
 
Babak kedua berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia, lewat gol Ramadhan Sananta.
 
Turun minum, babak kedua dimulai dengan keunggulan Indonesia atas Thailand.
 
Thailand di babak kedua menerapkan strategi menyerang ke lini pertahanan Indonesia, babak kedua berjalan dengan sengit.
 
Di babak kedua, Thailand memiliki misi mencetak gol dan membalikkan keadaan atas Indonesia yang unggul di babak pertama.
 
Thailand, mengincar medali emas yang telah dua edisi Sea Games terakhir gagal mereka bawa pulang.
 
Sedangkan Indonesia, memiliki misi menjaga konsistensi permainan untuk menjaga keunggulan agar mampu membawa pulang medali yang terakhir kali mereka menangkan pada 1991.
 
Di tengah kesibukan mengejar ketertinggalan, Thailand malah kebobolan di babak kedua. Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0.
 
Namun, Thailand tidak menyerah dengan mencetak gol ke gawang Ernando dan mengubah skor menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Indonesia.
 
Jalannya pertandingan menjadi lebih sengit di sisa babak kedua, Thailand terus melancarkan serangan guna mengejar ketertinggalan.
 
Malah petaka datang untuk skuad garuda, Thailand mencetak gol di penghujung babak kedua dan membuat skor menjadi imbang 2-2 sehingga memaksa Indonesia melanjutkan pertandingan hingga babak tambahan waktu.
 
Lewat kesalahpahaman yang terjadi, skuad Indonesia menganggap peluit panjang babak kedua telah ditiup oleh wasit dan melakukan selebrasi.
 
Namun ternyata, wasit berkata lain. Peluit menandakan tendangan bebas untuk Thailand, dan dari situ gol bermula.
 
Pemain Indonesia kehilangan fokus sehingga gagal mengantisipasi tendangan bebas dari pemain Thailand, dan gol tercipta menggetarkan jala Ernando.
 
Babak pertama perpanjangan waktu dimulai, Indonesia tampil menyerang di babak pertama dan langsung mencetak gol serta mengubah kedudukan menjadi keunggulan untuk Indonesia atas Thailand menjadi 3-2.
 
Selepas selebrasi gol, pertandingan sempat dihentikan oleh wasit karena kericuhan yang disebabkan oleh pemain Indonesia dan Thailand.
 
Satu kartu merah untuk masing-masing pemain Indonesia dan Thailand, serta satu kartu merah untuk dua staf pelatih Indonesia. 
 
Pertandingan di lanjutkan, dengan jumlah 10 pemain di lapangan dari masing-masing tim yang berlaga.
 
Namun hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir, keunggulan masih milik Indonesia.
 
Babak kedua perpanjangan waktu mulai, Thailand cukup ngotot kali ini untuk kembali mengejar ketertinggalan dari Indonesia.
 
Namun, Thailand kembali kecolongan dan semakin tertinggal karena Indonesia kembali mencetak gol dan merubah kedudukan menjadi 4-2 untuk keunggulan Indonesia.
 
Indonesia memastikan emas Sea Games 2023 berada dalam genggaman, usai gol kelima mereka ciptakan di menit 119.
 
Thailand menyerah di babak final Sea Games 2023, dengan keunggulan telak Indonesia yakni 5-2.
 
Dengan begitu, Indonesia berhasil membawa emas Sea Games sejak terakhir kali meraihnya 32 tahun yang lalu atau tepat pada 1991.***
 

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x