Fakta Menarik Piala Dunia FIFA 2026, dari 16 Kota Penyelenggara hingga Tanggal  Pertandingan Final

- 2 Februari 2024, 11:00 WIB
Foto Ilustrasi: Piala Fifa World Cup / Memperingati 100 Tahun Piala Dunia FIFA Resmi Mengumumkan Piala Dunia 2030 Digelar di Enam Negara
Foto Ilustrasi: Piala Fifa World Cup / Memperingati 100 Tahun Piala Dunia FIFA Resmi Mengumumkan Piala Dunia 2030 Digelar di Enam Negara /
 
Media Magelang - Berikut ini diulas mengenai sejumlah fakta menarik seputar Piala Dunia FIFA 2026.
 
Fakta-fakta menarik Piala Dunia FIFA 2026 ini akan mengulas mulai dari 16 kota di tiga negara yang menjadi penyelenggara turnamen akbar ini, hingga tanggal pertandingan final.
 
Usai Piala Dunia FIFA Qatar 2022 yang spektakuler, kini saatnya menyambut Piala Dunia FIFA 2026 yang akan dilangsungkan di tiga negara, di Benua Amerika.
 
Piala Dunia FIFA 2026 nanti akan dilangsungkan selama musim panas, dan dipastikan menjadi edisi terbesar dalam sejarah persepakbolaan dunia.
 
 
Dilansir dari laman resmi FIFA, berikut ini sejumlah fakta menarik seputar Piala Dunia FIFA 2026.
 
Tanggal Pertandingan Final Piala Dunia FIFA
 
Piala Dunia FIFA 2026 akan dilangsungkan antara bulan Juni dan Juli. 
 
Sementara tanggal pertandingan final Piala Dunia FIFA 2026 adalah 19 Juli, yang bertepatan pada hari Minggu.
 
Format Piala Dunia FIFA 2026
 
Dewan FIFA dengan suara bulat membuat keputusan untuk menyetujui usulan amandemen format penyisihan grup Piala Dunia 2026 dari 16 grup yang terdiri dari tiga tim, menjadi 12 grup yang terdiri dari empat tim.
 
Dua tim teratas dari setiap grup, dan delapan tim peringkat ketiga terbaik dari grup akan maju ke babak 32 besar. 
 
Para tim yang lolos akan memainkan delapan pertandingan dari babak penyisihan grup hingga final, bukan tujuh pertandingan.
 
16 Kota Penyelenggara Piala Dunia FIFA 2026
 
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, penyelenggaraan turnamen sepak bola terbesar di dunia ini akan digelar di tiga negara. 
 
Secara keseluruhan, 16 kota akan menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan. 
 
Sebagian besar dari kota-kota yang menjadi tuan rumah itu terletak di Amerika Serikat, yakni Seattle, San Francisco, Los Angeles, Dallas, Houston, Kansas City, Philadelphia, Atlanta, Miami, Boston, dan New York. 
 
Sedangkan pertandingan yang dilangsungkan di Meksiko akan berada di kota Monterrey, Guadalajara dan Mexico City.
 
Dua kota terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia FIFA 2026 adalah Vancouver dan Toronto, yang semuanya berlokasi di negara Kanada.
 
Tim Peserta Piala Dunia FIFA 2026
 
Juga untuk pertama kalinya, Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 tim, 16 tim lebih banyak dari tujuh edisi terakhir turnamen ini sejak tahun 1998. 
 
Adapun pembagian tempat berdasarkan konfederasi benua telah ditentukan adalah sebagai berikut.
 
• AFC (Asia): Delapan tempat langsung, dan satu tempat play-off antar-konfederasi.
 
• CAF (Afrika): Sembilan tempat langsung, dan satu tempat play-off antar-konfederasi.
 
• Concacaf (Amerika Utara dan Tengah, ditambah Karibia): Enam tempat langsung, dan dua tempat play-off antar-konfederasi.
 
• CONMEBOL (Amerika Selatan): Enam tempat langsung, dan satu tempat play-off antar-konfederasi: Enam tempat langsung + satu tempat play-off antar-konfederasi.
 
• OFC (Oseania): Enam tempat langsung + satu tempat play-off antar-konfederasi: Satu tempat langsung, dan satu tempat play-off antar-konfederasi UEFA (Eropa) 16 tempat langsung.
 
Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026
 
Setiap konfederasi benua memiliki otonomi untuk menentukan model kompetisi, dan periode turnamen kualifikasi mereka. 
 
Tuan rumah Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat telah dikonfirmasi sebagai peserta kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2026.
 
Stadion Piala Dunia FIFA 2026
 
Sebanyak 16 stadion telah dipilih untuk menjadi tuan rumah pertandingan, yang mana stadion ini akan menjadi yang terbanyak sejak Piala Dunia Korea dan Jepang pada tahun 2002 silam.
 
Dalam 16 stadion ini nantinya, Piala Dunia FIFA 2026 akan diselenggarakan dengan spektakuler, dan menjadi yang terbaik di sepanjang sejarah persepakbolaan dunia.
 
Dari keterangan yang dihimpun oleh Media Magelang diberitakan fakta-fakta menarik seputar Piala Dunia FIFA 2026, mulai dari 16 kota di tiga negara yang menjadi penyelenggaranya, hingga tanggal pertandingan final turnamen akbar tersebut.***
 

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x