Ini 5 Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Membeli Gadget

- 23 Juni 2022, 15:53 WIB
Ini 5 Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Membeli Gadget
Ini 5 Hal Penting yang Wajib Dipahami Sebelum Membeli Gadget /Vasiota.com/Vasiota
 
Media Magelang - Ada 5 hal penting yang wajib dipahami oleh para pengguna teknologi sebelum memutuskan untuk membeli gadget baru.
 
5 hal yang diulas dalam artikel ini benar-benar wajib dipahami oleh para pengguna teknologi sebelum membeli gadget demi meminimalisir kesalahan dan kekeliruan.
 
Di zaman yang serba digital ini peran teknologi sangat dibutuhkan, dan karena itu sebelum memutuskan membeli gadget baru untuk mempermudah pekerjaan, setidaknya ada 5 hal penting yang wajib dipahami.
 
Di era ini, dalam memilih gadget, para pengguna teknologi lebih memfokuskan pada fungsi atau kegunaan, serta kecanggihan fitur yang ada dalam gadget itu guna menunjang kinerja mereka.
 
 
Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Putri Lukman selaku Head of Electronics and FMCG Shopee Indonesia pada Senin 20 Juni 2022 di Jakarta.
 
“Kehadiran gadget dan elektronik yang memadai akan memudahkan kita dalam menunjang produktivitas, bekerja, belajar, bermain, hingga kebutuhan rumah tangga,” kata Putri Lukman.
 
Putri Lukman menambahkan, Shopee sendiri membagikan 5 hal penting yang wajib dipahami oleh para pengguna teknologi sebelum mereka memutuskan untuk membeli gadget baru.
 
Memilih Ponsel yang Sesuai dengan Kebutuhan Sehari-hari

Dalam memilih ponsel, para pengguna teknologi disarankan untuk memilih dan membeli ponsel yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari dalam bekerja.

 
 
Untuk menunjang kinerja, para pengguna teknologi sebaiknya memilih dan membeli ponsel yang memiliki RAM besar, layar berukuran besar sehingga lebih jelas untuk dilihat.
 
Selain itu, kekuatan kamera serta ketahanan bahan material ponsel juga patut diperhitungkan.
 
Harga mahal dari sebuah ponsel sebenarnya tak jadi masalah jika ponsel tersebut memang dilengkapi fitur-fitur yang dibutuhkan untuk bekerja dan memiliki kekuatan yang tahan lama.
 
Memilih Laptop yang Memiliki Spesifikasi yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Kebutuhan akan laptop sebenarnya dibagi menjadi 3, yaitu laptop untuk bekerja dan belajar, laptop untuk desain grafis, dan laptop untuk gaming.
 
Laptop untuk bekerja dan belajar dilengkapi dengan fitur audio visual yang jernih dan browser yang cepat.
 
Sementara laptop untuk desain grafis dilengkapi dengan kapasitas yang cukup besar, dan laptop untuk gaming tentu dilengkapi dengan memori yang lebih besar pula karena membutuhkan ketangguhan yang tahan lama.

Dari 3 jenis laptop tersebut, hendaknya para pengguna teknologi dapat memilih dengan teliti yang sesuai kebutuhan.

Memilih Tablet yang dapat Dijadikan sebagai Alternatif Gadget untuk Menunjang Produktivitas 

Tablet adalah salah satu gadget yang banyak dipilih sebagai alternatif yang lebih praktis untuk bekerja.

 
Agar tablet tersebut dapat mempermudah dan membuat nyaman pekerjaan, sangat disarankan untuk memilih tablet yang memiliki fitur canggih, ukuran monitor dan resolusi, serta karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan si pengguna.
 
Tak hanya itu, tablet dengan kapasitas memori yang besar juga patut dipertimbangkan demi kelancaran dalam bekerja.
 
Memakai Smartwatch untuk Mempermudah Komunikasi dan Manajemen Waktu 

Smartwatch kini bukan barang yang langka lagi, perkembangannya pun kian pesat seiring dengan jumlah pemakai yang terus bertambah, karena smartwatch dilengkapi dengan fitur reminder sehingga pengguna dapat lebih teratur dalam mengelola waktu.


Pengguna smartwatch kini juga dimudahkan dalam menerima notifikasi, pesan, panggilan telepon, hingga mendengarkan musik. 
 
Ada pula smartwatch yang dilengkapi fitur pendeteksi detak jantung dan kadar nutrisi tubuh sehingga pengguna dapat memantau kondisi kesehatan.
 
Dengan begitu, para pengguna tak perlu lagi kerepotan dalam mengatur waktu dan berkomunikasi dengan siapa pun.

Memastikan Keaslian Produk dan Merawat Gadget Agar Tahan Lama

Membeli barang-barang elektronik atau gadget diperlukan ketelitian dan kehati-hatian untuk meminimalisir berbagai risiko kerugian. 

 
Yang terpenting adalah memastikan keaslian produk, dan garansi yang dimiliki oleh produk tersebut untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Setelah memiliki gadget yang dibutuhkan, disarankan bagi para pengguna untuk merawat perangkat aksesorisnya, termasuk hardware serta software-nya agar tak cepat mengalami kerusakan.

 
Agar lebih awet, gadget juga perlu dilengkapi dengan pengisi daya yang lebih cepat, powerbank, serta kipas atau pendingin laptop.
 
Dari paparan di atas, para pengguna teknologi memang wajib memahami 5 hal penting sebelum memutuskan untuk membeli gadget yang dibutuhkan guna menghindari kesalahan agar tak terjadi kerugian.***

Editor: Sonia Okky Astiti

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x