Tim Ini Tak Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar

- 31 Maret 2022, 15:05 WIB
Piala Dunia 2022 Segera Dimulai, Ini Daftar Tim yang Tak Lolos ke Qatar. /fifa.com
Piala Dunia 2022 Segera Dimulai, Ini Daftar Tim yang Tak Lolos ke Qatar. /fifa.com /

Media Magelang - Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar akan menjelang usai dan berikut tim-tim kuat yang tak lolos Piala Dunia tahun ini.

Beberapa negara akan menjalani play-off untuk menentukan nasibnya namun sejumlah negara yang terbilang kuat harus rela tak lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Berikut sejumlah negara yang secara mengejutkan tak lolos Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Uruguay Lolos Ke Piala Dunia 2022 Qatar Dengan Kontroversi, Ada Apa?

  • Italia

Berstatus sebagai juara Euro 2020 dan juara dunia empat kali, Italia justru harus rela jadi penonton karena tidak lolos Piala Dunia 2022 Qatar.

Ironisnya, ini kegagalan kedua kali beruntun setelah sebelumnya gagal ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di semifinal play-off di Palermo, tim asuhan Roberto Mancini justru tak berdaya lawan tamunya yang bukan siapa-siapa, Makedonia Utara (yang akhirnya kalah di final play-off lawan Portugal).

Penampilan Gli Azzurri menuai kritikan dan sejumlah analisa pun muncul dari gaya permainan yang mudah terbaca tim lawan, kebanyakan buang peluang sehingga susah menang dari tim-tim yang dianggap "lemah".

Baca Juga: Italia Gagal Ke Piala Dunia 2022 Qatar,Ini Fakta Di Baliknya

Namun ada kabar terakhir yang menyebutkan Italia masih ada kemungkinan lolos ke Qatar jika FIFA menjatuhkan sanksi pada Iran yang sempat melarang para suporter perempuan menonton sepak bola di stadion.

Jika itu terjadi, FIFA akan memberikan "jatah"tersebut kepada tim yang koefisien rankingnya tertinggi (saat ini Italia ada di peringkat kelima ranking FIFA per 31 Maret 2022.

Hingga berita ini diturunkan belum ada kelanjutannya lagi terkait hal ini.

  • Chile

Bernasib sama dengan Italia, negara Amerika Latin ini juga gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah bernasib sama di Rusia empat tahun lalu.

Nama-nama besar seperti Alexis Sanchez dan Arturo Vidal tak mampu membawa Chile untuk unjuk gigi ke ajang sepak bola bergengsi yang akan digelar di Qatar akhir tahun 2022.

Di laga kualifikasi Zona Conembol, Chile kalah atas Uruguay 2-0 pada 30 Maret 2022 sehingga  La Roja harus puas ada di peringkat tujuh klasemen zona Amerika Latin tersebut.

Sementara Peru masih punya harapan ke Qatar setelah menempati posisi lima klasemen Zona Conmebol dan tinggal menunggu lawan di play-off yang kemungkinan dari wakil Asia.

  • Kolombia

Kolombia adalah salah satu negara Amerika Latin dengan pemain-pemain kelas atas seperti Luis Diaz, James Rodriguez dan Juan Cuadrado.

Namun mereka harus rela menonton Piala Dunia 2022 Qatar karena mereka gagal menggeser Peru di posisi kelima.

Kemenangan Kolombia 1-0 atas Venezuela menjadi berarti karena Peru menang 2-0 atas Paraguay.

Artinya, Kolombia kalah poin dibanding Peru yang masih punya harapan berlaga di Qatar karena akan melakoni laga play-off melawan (kemungkinan) wakil Asia.

Kolombia melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2014 (sebelum kalah atas tuan rumah Brazil) dan 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia (kalah adu penalti melawan Inggris).

  • Pantai Gading

Pantai Gading harus mengubur impiannya berlaga di Qatar setelah kalah atas Kamerun.

Di masa lalu, Pantai Gading punya Didier Drogba dan saat ini mereka punya beberapa pemain yang bersinar di Liga Eropa seperti Sebastian Hallers, Nicolas Pepe, Eric Bailly dan Franck Kessie.

  • Mesir

Kegemilangan Mohammed Salah di Liverpool membuatnya jadi dewa di negaranya Mesir dan berharap sang striker membawa negaranya berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.

Namun The Pharaohs harus gigit jari setelah kalah 0-1 dari lawan yang saat kalah di final Piala Afrika 2022: Senegal.

Mo Salah kembali gagal menjadi eksekutor penalti di laga yang menentukan. Parahnya lagi, striker rendah hati menjadi sasaran keisengan suporter Senegal yang mengarahkan sinar laser ke dirinya.

Senegal adalah negara asal Sadio Mane yang juga sahabat dekat Salah di Liverpool.

Beredar kabar Mo Salah akan pensiun dari timnas Mesir seusai gagal membawa negaranya lolos ke Qatar.

Namun belum ada konfirmasi lebih lanjut dari mantan pemain AS Roma yang sudah mencetak 47 gol dari 82 penampilan bersama timnas Mesir.

Sementara itu, negara-negara lain yang tak lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar antara lain Swedia, Republik Ceko, Aljazair, dan Nigeria.

Demikian sejumlah negara dengan pemain kelas dunia yang tidak lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.***

Editor: Dinda Silviana Dewi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x