Timnas Senior Tampil Bagus jadi Alasan FIFA Pilih Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

- 25 Juni 2023, 19:00 WIB
Timnas Indonesia U16 menjadi juara Piala AFF U16 2022 akan main di Piala Dunia U-17.*/PSSI
Timnas Indonesia U16 menjadi juara Piala AFF U16 2022 akan main di Piala Dunia U-17.*/PSSI /
 
Media Magelang - Penampilan bagus timnas senior menjadi alasan FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 ini.
 
Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan tiga hal yang sangat mungkin menjadi alasan FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023.
 
Salah satu alasan yang mendasari FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023, yang juga diungkap oleh Erick Thohir adalah, penampilan bagus dari timnas senior.
 
Sebagai informasi, Piala Dunia U-17 2023 ini akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
 
Dilansir dari Antara, alasan pertama yang menurut Erick Thohir menjadi kemungkinan terbesar FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 pada 2023 ini adalah, karena Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah 32 tahun lamanya.
 
Berhasilnya Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja tersebut ketika berada di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri.
 
Kala itu timnas U-22 menang dengan skor 5-2 dari timnas Thailand pada laga final yang dimainkan hingga babak dua kali 15 menit.
 
 
“Alhamdulillah ini kepercayaan FIFA kepada Indonesia. Mungkin FIFA melihat kita bangkit, kemarin di SEA Games bagus,” ucap Erick Thohir.
 
Sementara itu, alasan kedua yang juga diungkapkan oleh Erick Thohir yakni, penampilan bagus timnas senior di bawah bimbingan pelatih Shin Tae-yong.
 
Hal tersebut terlihat pada laga Indonesia vs Palestina dalam gelaran FIFA Matchday Juni 2023, yang mana hasil akhirnya adalah imbang 0-0.
 
Usai lawan Palestina, Indonesia juga masih mampu melawan juara dunia Argentina meski kalah 0-2 pada Senin 19 Juni kemarin.
 
Disamping itu, Erick Thohir juga mengatakan, selama gelaran FIFA Matchday Juni 2023, tak ada satu pun terdengar isu aneh-aneh yang merusak pertandingan Indonesia melawan Palestina dan Argentina.
 
“Pertandingan FIFA Match Day Palestina dan Argentina juga baik tidak ada isu aneh-aneh,” ujar Erick Thohir.

Selanjutnya, alasan ketiga adalah, pada Oktober 2022 lalu, Indonesia baru saja menjadi tuan rumah kualifikasi AFC U-17. 
 
Pada gelaran tersebut, Tim Garuda Muda gagal masuk ke putaran final Piala Asia U-17, usai kalah dari Malaysia dengan skor 1-5 pada laga terakhir.

“Mereka melihat kita berani menjadi host AFC U-17 2023, hal-hal ini mungkin menjadi pertimbangan mereka,” kata Erick Thohir.
 
Selain karena penampilan bagus timnas senior saat melawan Palestina dalam FIFA Matchday Juni 2023, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 ini juga disebabkan pengunduran diri Peru yang belum siap secara infrastruktur.***

Editor: Heru Fajar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x