Profil Tim MotoGP 2021: Berawal Dari Dua Mekanik, LCR Honda Menjadi Tim Satelit yang Disegani

- 1 Maret 2021, 18:10 WIB
Pebalap tim LCR Honda Alex Marquez dan manajer tim Lucio Cecchinello merilis motor baru tim untuk MotoGP 2021
Pebalap tim LCR Honda Alex Marquez dan manajer tim Lucio Cecchinello merilis motor baru tim untuk MotoGP 2021 /Antara

Media Magelang – LCR Honda telah dikenal sebagai salah satu tim satelit MotoGP yang tangguh. Pada MotoGP 2021 LCR Honda menurunkan pembalap Jepang Takaaki Nakagami dan Alex Marquez.

LCR Honda adalah singkatan dari nama sang pemilik tim, Lucio Cecchinello Racing dan sudah menjalin kerjasama erat dengan Honda, termasuk untuk MotoGP 2021.

LCR Honda dibekali dengan motor berspesifikasi sama dengan tim pabrikan Repsol Honda, yaitu Honda RC213V, sehingga tidak ada perbedaan antara pembalap pabrikan dan pembalap tim satelit pada MotoGP 2021 ini.

Baca Juga: Profil Tim MotoGP 2021: Monster Energy Yamaha MotoGP Siap Bangkit Lagi Dengan Tagar InItToWinIt

Lucio Cechinello mendirikan LCR Honda pada tahun 1996, dengan personel awal hanya dua orang mekanik dan sebuah mobil van yang digunakan untuk transportasi di tiap seri balapan yang digelar Dorna Sports.

Setelah mengalami masa-masa sulit, LCR Honda akhirnya berkembang pesat seperti sekarang, dan tercatat berkompetisi di era 125cc selama sembilan tahun, turun di kelas 250cc selama lima tahun, dan sejak 2006 LCR Honda memutuskan ikut berkompetisi di kelas MotoGP sesudah kelas 125 dan 250 ditiadakan, diganti menjadi Moto3 dan Moto2.

Takaaki Nakagami adalah pembalap Jepang pertama yang berkiprah di LCR Honda, dan direkrut sejak tahun 2014 ketika bersama tim Idemitsu Honda. Di MotoGP 2021, sponsor pelumas Idemitsu tetap jadi bagian dari LCR Honda untuk Takaaki Nakagami.

Baca Juga: Kedatangan Valentino Rossi adalah Awal Kebangkitan Yamaha di MotoGP Berlanjut di Petronas?

Prestasinya yang cukup impresif, menjadikan Takaaki Nakagami menjadi salah satu pembalap Jepang yang disegani di ajang MotoGP. Selama ini MotoGP kebanyakan diikuti tim pabrikan dari Jepang, tapi hanya sedikit pembalap Jepang yang mampu bersinar di MotoGP, dan Takaaki Nakagami adalah salah satunya.

Halaman:

Editor: Permadi Suntama

Sumber: Dari berbagai sumber, PRMN, VIU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah