Usai Dikeluhkan Pembalap dan Diperbaiki, Tikungan 10 Sirkuit Catalunya Siap Digelar untuk MotoGP 2021

- 4 Februari 2021, 05:45 WIB
Valentino Rossi saat MotoGP Gran Premi Monster Energy de Catalunya
Valentino Rossi saat MotoGP Gran Premi Monster Energy de Catalunya /Tegar Putra Jaya/MotoGP.com

Media Magelang – Setelah dikeluhkan banyak pembalap karena membuat resiko tabrakan jadi makin besar, tikungan 10 sirkuit Catalunya Spanyol akhirnya selesai diperbaiki, dan siap untuk MotoGP2021.

Kabar ini berasal dari akun Twitter pengelola sirkuit Circuit de Barcelona Catalunya yang dikutip PaddockGP Selasa 2 Februari 2021, bahwa tikungan 10 sirkuit Calatunya sudah diperbaiki, dan siap menyambut MotoGP 2021.

Pengerjaan perbaikan tikungan 10 dimulai awal Januari lalu, dan dengan selesainya perbaikan, diharapkan tidak terjadi lagi kecelakaan, terutama menghadapi MotoGP 2021 yang dikhawatirkan para pembalap.

Baca Juga: Bangun Lebih Pagi Bisa Bikin Lebih Produktif, Inilah 5 Rutinitas Pagi Orang Sukses yang Bisa Ditiru

Tikungan 10 dimodifikasi untuk membuat alur berbelok jadi lebih smooth, jarak pandang yang lebih aman, dan pengaspalan sirkuit juga sudah dilakukan demi keamanan yang lebih baik.

Sebelumnya diberitakan, tikungan 10 yang dikenal dengan ‘tikungan tusuk konde’ itu sering memakan korban, sehingga tikungan itu dapat julukan ‘tikungan parkir mobil’ karena setiap kali melewati tikungan itu, para pembalap jadi berebut belok, sehingga sering terjadi kecelakaan di sana.

Tidak hanya MotoGP, sirkuit Catalunya juga dipakai untuk kompetisi Formula 1, dan juga mendapat kritik dari para pembalap, karena layout sirkuit terlalu beresiko ketika berbelok cepat melalui tikungan hairpin tersebut.

Baca Juga: Sudah Kantongi Ijin Edar Kemenkes, GeNose, Alat Tes COVID-19 Buatan Indonesia Siap Digunakan Bulan Ini

Pembalap MotoGP yang pernah mengalami kecelakaan di tikungan 10 adalah Jorge Lorenzo.

Halaman:

Editor: Dinda Silviana Dewi

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x